Minggu, 29 Maret 2020

Aturan dan Perhitungan Biaya Notaris Wajib Anda Ketahui


Berbagai macam masalah hukum dan juga sengketa lahan sampai transaksi properti bisa menggunakan panduan dari seorang notaris. Profesi notaris sangatlah penting dan sampai sekarang banyak dibutuhkan untuk menyelesaikan banyak kasus. Karena itulah, ada beberapa aturan dan perhitungan biaya notaris yang sampai detik ini banyak diperhatikan oleh masyarakat.

Meskipun belum banyak yang mengetahui secara pasti seperti apa pengaturan biaya dan aturannya, ternyata ada beberapa hal yang membuat porsi dari pengaturan biaya seorang notaris bisa diamati lebih baik.

Aturan dan Perhitungan Biaya Notaris Wajib Anda Ketahui

Aturan dan Perhitungan Biaya Notaris
Ketentuan dari perhitungan biaya seorang notaris masih diatur dalam honorarium notaris yakni pada pasar 36 Undang - Undang Nomor 30 Tahun 2004 mengenai Jabatan Notaris. Penetapan biaya masih didasarkan pada dua aspek yakni ekonomis dan nilai sosial dari sebuah akta yang dibuat. Penentuan besar kecilnya nilai biaya bisa kita lihat dalam ulasan berikut ini.

Nilai Ekonomis
Pada sisi nilai ekonomis sudah bisa kita lihat terutama pada sisi honornya. Ada rincian honor dari seorang notaris diantaranya dengan nilai Rp 100.000.000 pada sebuah objek maka terdapat ekuivalen gram emas yang diterima tidak boleh lebih besar dari 2.5%. Nilai objek 100 juta hingga 1 milyar Rupiah juga memiliki nilai honor mencapai 1.5% dan tidak boleh lebih besar dari itu. Bahkan untuk nilai sebuah objek mencapai 1 triliun juga memiliki nilai honor tidak lebih dari 1% dari objek yang sedang proses pembuatan akta.

Ada beberapa keperluan yang membutuhkan seorang notaris diantaranya biaya balik nama sebuah sertifikat tanah dan rumah, kemudian pembuatan akta jual beli, hingga cek sertifikat hingga validasi pajak. Namun, ada juga pemohon honor dari seorang notaris bisa diajukan berdasarkan beberapa keperluan seperti biaya perjanjian kredit, surat kuasa, hingga peningkatan dari status HGB ke SHM yang menggunakan sistem KPR.

Nilai Sosiologis
Berikutnya ada nilai sosiologis yang mana honorarium seorang notaris ditentukan dari setiap objek akta dengan diterima paling besar mencapai 5 juta Rupiah. Dari nilai 5 juta tersebut sudah sesuai dengan aturan yang ada di pasal 36 UUJN.

Biasanya pada aspek nilai sosiologis ini bisa berubah, namun pada kasus tertentu tidak menutup kemungkinan nilai 5 juta tersebut yang sampai sekarang masih harus dihadirkan dengan berbagai macam aspek utama untuk membuat semua kebutuhan terpenuhi. Biaya notaris mahal memang jadi bahan pembicaraan banyak kalangan. Akan tetapi dari setiap honor seorang notaris sudah diatur dalam undang-undang. Sehingga tidak ada permainan dalam tarif honor seorang notaris, hingga akhirnya semua transaksi seperti pembuatan akta jual beli dan sebagainya bisa berjalan dengan lancar dan mudah.

Perlu diperhatikan, bahwa penghitungan honor bagi notaris ini dimulai ketika sudah memasuki proses pembuatan akta. Karena itulah pada akses konsultasi saja maka seorang notaris tidak berhak menetapkan tarif sehingga jangan terlalu takut menggunakan jasa notaris untuk menyelesaikan sebuah kebutuhan ataupun sengketa tanah ataupun rumah.

Tidak sedikit masyarakat masih belum mengetahui seberapa besar biaya notaris yang harus dikeluarkan. Karena itulah dalam skala lebih besar dan kasus lebih rumit biasanya notaris punya banyak cara tepat. Dari sinilah kebutuhan akan peran utama notaris masih terus bertambah di masyarakat. Sehingga potensi untuk pembayaran honor masih tetap sama sesuai peraturan. Bila Anda tak memiliki anggaran cukup untuk membayar biaya honor notaris, cobalah akses fasilitas dari Amartha yang juga memberi pinjaman dengan nilai tertentu sesuai kebutuhan Anda.