Senin, 24 Agustus 2020

Keuntungan Bisnis Franchise yang Perlu Anda Ketahui

Banyaknya keuntungan dari bisnis franchise atau waralaba menjadikannya pilihan yang sangat menarik bagi pengusaha potensial. Dengan dorongan motivasi yang kuat, Anda dapat mencapai impian menjadi seorang pebisnis dan mengurangi banyak masalah potensial dalam memulai bisnis secara mandiri.

Kira-kira, apa sih yang membuat sebuah bisnis waralaba itu bisa sukses? Apa saja pilihan bisnis waralaba yang bisa Anda pilih? 

Keuntungan Bisnis Franchise yang Perlu Anda Ketahui

Keuntungan Memulai Bisnis Waralaba

1. Berbagi Risiko dan Manfaat Bersama
Memulai bisnis selalu melibatkan risiko, tetapi salah satu keuntungan utama bisnis waralaba adalah Anda membeli bisnis dalam sistem yang teruji. Bisnis waralaba telah membuktikan bahwa Anda dapat memperoleh keuntungan dari model bisnisnya dan memanfaatkan jaringan yang baik sehingga kecil kemungkinan Anda akan gagal.

2. Kekuatan Brand dan Loyalitas Pelanggan 
Memulai bisnis dari awal melibatkan pengembangan dan pengujian produk dan layanan serta membangun kredibilitas dan loyalitas merek. Saat Anda membeli waralaba, Anda bisa mengabaikan sebagian besar tugas tersebut karena pemilik waralaba telah mengembangkan mereknya.

Waralaba memberi Anda akses instan ke merek yang sudah terkenal dan diakui sehingga dapat meraih profitabilitas yang tinggi. Kehadiran merek secara online dan offline, testimonial pelanggan yang kredibel, dan pengakuan di komunitas membuat bisnis Anda lebih mudah untuk terhubung dengan pelanggan.

3. Potensi Pertumbuhan Tidak Terbatas
Salah satu daya tarik terbesar berwirausaha adalah adanya potensi untuk membuat keputusan sendiri, mendapatkan keuntungan langsung dari tindakan Anda, dan membangun pendapatan yang besar. Anda bisa memulai bisnis mandiri, tetapi tentu akan membutuhkan waktu lebih lama untuk membangun kesuksesan. Anda harus melalui proses awal untuk membangun merek dan mengembangkan produk, layanan, kebijakan, dan prosedur terlebih dahulu dan itu bisa memakan waktu bertahun-tahun. Waralaba mempercepat prosesnya. Ya, Anda akan bekerja keras, tetapi Anda akan menghabiskan lebih sedikit waktu untuk proses penyiapan.

4. Manajemen yang Termotivasi dan Efektif
Seorang pemilik waralaba yang baik sangat termotivasi untuk membantu pemilik dan jaringannya agar berhasil. Mereka membuat keputusan berdasarkan apa yang berhasil untuk merek dan mereka selalu mendengarkan mitra waralabanya.

Sebaliknya, pemilik waralaba yang baik akan tumbuh berkembang dari umpan balik dan inovasi.  Pemilik waralaba yang baik mendengarkan gagasan anggota, menganalisis mana yang menguntungkan merek, dan menerapkan yang paling layak. 

Mereka juga mengawasi pengeluaran dan kinerja dengan cermat dan selalu berusaha untuk meningkatkan pendapatan dan menghilangkan inefisiensi. Ya, bisnis waralaba  membuat Anda selalu termotivasi untuk mengembangkan bisnis Anda.

Ada beberapa jenis franchise yang bisa Anda pilih ketika memilih untuk membuka usaha waralaba, seperti :
  • Ayam Crispy
  • Minuman 
  • Kedai kopi
  • Beverages 
  • Ekspedisi
  • Es krim
  • Pertamini
  • Laundry
  • Air isi ulang
  • Kursus belajar

Nah, dari sepuluh ide bisnis waralaba yang disebutkan, ada banyak sekali keuntungan yang nantinya Anda dapatkan sebagaimana disebutkan di atas. Pastikan Anda mengelola keuangan bisnis waralaba Anda dengan buku catatan dari aplikasi “BukuKas”. Aplikasi ini bisa menjadi  buku catatan yang sangat canggih dalam mengelola keuangan Anda.